Janet L. Yellen ~ Pemimpin Bank Sentral Amerika yang dijuluki Wanita paling Berkuasa

08.28

Presiden Barrack Obama meresmikan Jannet Louise Yellen sebagai ketua Bank Sentral Amerika (The Fed) pada Oktober 2013 lalu, meneruskan tongkat estafet Ben Bernanke. Obama menyebut Yellen sebagai "salah satu ekonom terkemuka dan pembuat kebijakan yang ulung". Masa jabatannya dimulai pada awal Februari 2014 dan akan berlangsung selama 4 tahun. 

Banyak prestasi


Jannet Yellen lahir di keluarga Yahudi kelas menengah di Brooklyn, New York pada 13 Agustus 1946. Ibunya adalah seorang guru, dan ayahnya adalah dokter. Dia sempat menjadi editor koran Fort Hamilton High School. Dia lulus summa cum laude dari Brown University pada tahun 1967 dan melanjutkan untuk menerima gelar doktoralnya di Yale University di tahun 1971. Dia kemudian bekerja sebagai profesor di universitas bergengsi, termasuk Harvard, The London School of Economics dan University of California di Berkeley. Pada tahun 2004, dia menjadi presiden dan CEO dari Federal Reserve Bank of San Francisco.

Dia juga pernah menjadi anggota dari sejumlah komite ekonomi dan dewan, termasuk The Organization for Economic Cooperation and Development, Dewan Penasihat Ekonomi AS, dan American Economic Association. Dia menjabat sebagai gubernur untuk Federal Reserve Board dari 1994 hingga 1997 dan juga telah menjadi penasihat AS dalam kongres ekonomi.

Pegangan Hidup


Seperti pendahulunya, Yellen adalah tipikal orang yang sangat powerful. Dia merupakan orang dari partai Demokrat pertama yang menduduki jabatannya saat ini setelah hampir 30 tahun. Dia berusaha untuk meniru filosofi mentor sekaligus tokoh penerima nobel, James Tobin yang percaya bahwa ekonomi dapat diselamatkan dari resesi melalui intervensi pemerintah.

Dia dan suaminya, George Akerlof, yang keduanya merupakan ekonom Keynesian yang percaya bahwa pasar ekonomi fundamental yang cacat, perlu peraturan pemerintah untuk berfungsi dengan benar. Mereka berdua menciptakan model ekonomi yang menunjukkan bagaimana perusahaan memaksimalkan keuntungan. 

Terlepas dari pekerjaannya yang menuntut profesionalitas, Yellen sebenarnya merupakan ibu rumah tangga yang hangat. Ia sering menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anaknya dengan pergi hiking maupun meracik kuliner di dapur rumahnya.  
   

You Might Also Like

1 komentar

  1. mau untung banyak tanpa kerja?
    solusinya yaitu zeusbola!
    dengan deposit minimal Rp 50.000 kamu sudah bisa menjadi member kami dan bisa bermain berbagai banyak jenis game dengan 1 user id saja
    ???keuntungannya tidak main main???
    lansung gas untuk daftar ya bosquww

    terdapat beberapa jenis bank lokal yang bisa digunakan bermain di
    zeusbola seperti :






    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP : +62 822-7710-4607
    FACEBOOK : @zeusbolame
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM : zeusbola.official

    BalasHapus