Adam D'Angelo ~ CEO Quora yang ingin Berbagi Pengetahuan dengan Dunia

01.54

Saat film Steve Jobs ditayangkan pada Agustus 2013, salah seorang anggota Quora bertanya bagaimana Ashton Kutcher (pemeran Jobs di film itu) bisa menirukan gaya Steve Jobs dengan begitu persis. Ada tujuh jawaban dari pertanyaan tersebut, namun satu jawaban menjawab pertanyaan tersebut secara tuntas.

Ashton Kutcher ternyata menghabiskan tiga bulan untuk mempelajari Steve Jobs. Ia melihat seluruh film dan video mengenai Steve Jobs. Dia membaca semua buku yang pernah dibaca Jobs. Dia juga menemui orang-orang yang mengenal Jobs secara pribadi. Observasi detail pun dilakukan atas kebiasaan Jobs, seperti menghitung dengan menggunakan jari kelingking sebagai awalan atau pengucapan "and" dan "now" yang panjang saat Jobs sedang berpikir kalimat berikutnya yang akan ia ucapkan.

Bagaimana jawaban itu bisa begitu detail? Karena yang menjawab ternyata adalah Ashton Kutcher sendiri.


Sosok Jenius


Itulah kehebatan Quora, situs tanya jawab yang didirikan oleh pemuda bernama Adam D'Angelo. Usianya baru 31 tahun, namun Adam memiliki cita-cita besar terhadap Quora. "Apapun yang ingin Anda ketahui, Anda bisa mencari di Quora dan mendapatkan jawabannya," ungkap Adam.

Adam D'Angelo sendiri sebenarnya bukan orang baru di dunia teknologi. Sebelum mendirikan Quora, ia adalah CTO Facebook. Namun Adam memilih keluar dari kenyamanan untuk memulai sesuatu yang baru. Niatnya hanya satu, ingin membuat perubahan di dunia.

D'Angelo sendiri merupakan sosok yang sangat jenius di dunia teknologi. Sejak duduk di bangku SMU, pria muda kelahiran tahun 1984 itu sudah akrab dengan dunia software. Saat bersekolah di Phillips Exeter Academy, D'Angelo bersama dengan pendiri Facebook Mark Zuckerberg sudah mencoba-coba mengembangkan Synapse Media Player.

Sejak bangku SMA, D'Angelo sudah berhasil memenangkan sejumlah kompetisi. Pada tahun 2001, D'Angelo berhasil meraih peringkat ke-8 pada Olimpiade Komputer AS untuk tingkat SMA. Ketika menimba ilmu di California Institute of Technology jurusan ilmu komputer, D'Angelo berhasil masuk dalam 24 finalis untuk kontes International Topcoder Collegiate Challenge dan bersama tim universitasnya, ia juga berhasil memenangkan medali perak kontes programming dunia tingkat universitas yang diselenggarakan oleh Association for Computing Machinery pada tahun 2004.

Setelah lulus dari California Institute of Technology, D'Angelo kemudian bergabung dengan Facebook. Secara cepat kariernya melesat hingga akhirnya menjadi Chief Technology Officer (CTO) Facebook. Namun pada tahun 2008, ia memutuskan meninggalkan perusahaan milik rekan SMA-nya itu.

Pusat Informasi



Ide awal dari Quora ini muncul dari kepala D'Angelo dan rekannya di Facebook, Charlie Cheever. Mereka berdua memiliki pertanyaan besar: mengapa tidak ada tempat di internet di mana pertanyaan dapat dijawab oleh seseorang yang benar-benar mengetahui jawaban?.

Pertanyaan itu menuntun D'Angelo dan Cheever untuk membangun sebuah situs tanya jawab yang membolehkan pengguna untuk berbagi pengetahuan. Di Quora, pengguna dapat mengunggah pertanyaan, menjawabnya, dan mengedit jawaban orang lain. Konsepnya tidak benar-benar baru, tetapi ia dan Cheever menekankan hal yang membuat Quora unik: kualitas.

Keduanya melakukan percobaan berulang-ulang sehingga Quora menjadi situs yang benar-benar sesuai keinginan dan dapat diterima setiap orang. Pada Juni 2010, Quora secara resmi diluncurkan dan langsung menggema di dunia teknologi. Quora besar secara word of mouth. D'Angelo mulai mengundang teman-temannya untuk menggunakan Quora, dan kemudian teman-temannya itu mengundang lagi teman-temannya, dan seterusnya. Quora pun tumbuh secara alamiah.

Kesuksesan Quora langsung menyedot perhatian investor. Quora berhasil menerima pendanaan awal US$11 juta dari Matt Cohler, mantan eksekutif Facebook yang menjadi dewan di Benchmark Capital.

Perjalanan Quora memang masih panjang. Masih banyak orang mempertanyakan bagaimana Quora bisa memperoleh pendapatannya. Kendati demikian, Quora merupakan salah satu hal brilian yang lahir dari tangan D'Angelo. Dari apa yang dirintisnya, D'Angelo ditaksir memiliki kekayaan hingga US$680 juta. Majalah Fortune juga menobatkannya sebagai salah satu sosok paling cerdas di dunia teknologi.  

You Might Also Like

1 komentar

  1. Hebat ya bisa membuat webiste tanya jawab yang besar, kelebihannya yaitu bahasa yang digunakan dalam web tersebut sangat profesional, tapi juga menjadikan Kekurangan Quora yang membuat terlihat terlalu kaku

    BalasHapus